Dengar Musik Favorit Bisa Bantu Pulihkan Ingatan

Dengar Musik Favorit Bisa Bantu Pulihkan Ingatan

Dengarkan musik yang familiar bisa menolong ingatan ada kembali ke lanjut usia yang alami pikun atau demensia. Sebab jalinan keterikatan yang benar-benar erat di antara skema ingatan di otak serta pendengaran, cuma dengarkan suara yang diketahui akan menghidupkan ingatan. Menurut Nina Kraus, periset serta ilmuwan saraf Laboratorium Neuroscience Auditory di Kampus Northwestern, suara berevolusi dalam tempo yang benar-benar lama serta berakar pada dalam skema saraf.

“Masa lalu yang kita bikin, koneksi suara ke arti yang kita punya serta yang kita bikin selama hidup kita, tetap ada. Ini permasalahan bagaimana mengaksesnya,” tutur Kraus dikutip di NPR.org, Kamis (26/12).

Musik menyertakan bagaimana kita berpikir, rasakan, mengingat serta bergerak dengan suara, hingga benar-benar biasa, musik spbo menghidupkan daya ingat yang sudah hilang. Kemampuan terapeutik musik ditawarkan jadi penyembuhan pada pasien demensia di banyak tempat. Serta itu ialah subyek dari bagian riset yang berkembang.

Satu diantara periset yang mempelajari peranan musik di otak ialah Maria Chait dari University College London Ear Institute, yang pimpin satu riset kecil yang memperhatikan tanggapan otak pada lagu-lagu yang akrab serta tidak asing. Arah dari riset ini, yang diedarkan pada bulan Oktober 2019, untuk mengukur berapa cepat otak bisa memberi respon musik yang akrab serta berarti.

Layanan Marga Berlakukan Contraflow Di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek

Chait temukan jika tanggapan pada lagu-lagu yang telah dikenalnya berlangsung tambah lebih cepat serta tambah lebih kuat dibanding tanggapan pada lagu-lagu yang asing. Serta respon ada dengan cepat sekali, dalam sepertiga detik, atau 300 milidetik.

“Hasil kami mengkonfirmasi jika ingatan untuk musik punya pegangan yang dalam atas kami serta dipertahankan di otak dengan benar-benar kuat,” kata Chait. Ia menjelaskan ini bisa menerangkan kenapa pasien dengan demensia memberi respon musik.

Sepanjang lebih dari satu dekade, beberapa periset sudah temukan bukti jalinan di antara musik serta ingatan. Contohnya, satu riset yang diedarkan dalam jurnal Cerebral Cortex pada 2009 temukan jika dengarkan musik menolong orang terhubung daya ingat autobiografis dari beberapa tahun awalnya.

Serta riset kecil sudah mulai tunjukkan jika musik bisa dipakai dengan therapy dengan pasien demensia untuk menolong dengan kognisi, tingkah laku serta situasi hati. Beberapa periset sudah temukan therapy musik bisa tingkatkan ingatan serta tanda-tanda kejiwaan, hingga bisa kurangi jatuh, kurangi kunjungan ke UGD, serta kurangi keperluan obat-obatan psikotropika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *